
Guru tidak boleh lupa untuk mengapresiasi capaian peserta didik. Guru tidak boleh semata-mata memberikan tugas, tetapi harus memperhitungkan secara matang.

Pihak terkait juga perlu mengevaluasi pembelajaran daring tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Beban belajar peserta didik tentunya harus diperhitungkan, terukur, baik secara materi maupun waktu. Kompetensi dan keterampilan guru harus terus diperkaya, didukung oleh kebijakan sekolah yang mendorong guru terus belajar. Sebagai rekomendasi ke depan, dibutuhkan kemitraan publik dan keterlibatan banyak pihak secara berkelanjutan. Namun demikian pelaksanaan pembelajaran daring memiliki tantangan/kendala, baik dari aspek sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasi. Berbagai respon positif disampaikan peserta didik terkait pembelajaran daring. Berbagai flatform digunakan dalam pembelajaran daring. Hasil review menunjukkan bahwa guru melaksanakan kebijakan pemerintah melalui pembelajaran daring. Analisis data menggunakan paradigma analisis konten. Penulis menelusuri literatur primer secara daring, yang memiliki kriteria valid dan bereputasi baik. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi perbadingan literatur.

Artikel ini bertujuan mereview bagaimana guru di masa pandemi, yang difokuskan pada aspek pembelajaran daring (pelaksanaan, tantangan, dan solusi). Pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring untuk memperlambat penyebaran COVID-19, pola itu menuntut peran guru.

Scopus ID: 57195803428 Department of Biology Education, Universitas Muhammadiyah Malang, East Java Provinceĭepartment of Biology Education, Postgraduate Program, Universitas Muhammadiyah Malang, East Java Province Scopus ID: 57188978455 Department of Biology Education, Universitas Muhammadiyah Malang, East Java Province
